Wakil Ketua I DPRD Batam Paparkan Kemajuan Pembangunan keoada DPRD Kabupaten Kapuas

(Wakil Ketua I DPRD Kota Batam, salam komando bersama Wakil ketua DPRD kabupaten Kapuas)

 

Batam, metroindonesia.co.id – Wakil Ketua I DPRD Kota Batam Muhammad Kamaludin menyambut kunjungan kerja (kunker) puluhan anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat di ruang rapat pimpinan, Jumat (7/6/2024) pagi. Puluhan anggota DPRD dari Pulau Kalimantan itu dipimpin Wakil Ketua Razali S.Pd.

“Maksud kunjungan kami untuk berbagi pengalaman dan belajar lebih banyak terkait kemajuan ekonomi dan pembangunan Batam. Kami Kabupaten Kapuas Hulu juga berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yakni berbatasan darat. Sedangkan Batam juga berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura. Namun, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Kota Batam lebih tinggi dari daerah kami,” ungkap Razali yang sebelum itu memperkenalkan koleganya kepada Muhammad Kamaludin.

(suasana pertemuan DPRD Batam dengan DPRD Kabupaten Kapuas)

Menjawab pertanyaan tersebut, Muhammad Kamaludin pun memaparkan berkah strategisnya geografis Batam yang terletak di alur Selat Melaka, jalur pelayaran terpadat di dunia. Dia juga memaparkan bagaimana Batam memiliki dua lembaga pemerintahan yakni Pemerintah Kota Batam dan BP Batam yang dulunya bernama Otorita Batam.

“Sejak tahun 2019 BP Batam dan Pemko Batam berada di bawah satu pemimpin dimana Walikota Batam juga ex officio Kepala BP Batam. Dua perahu ini memiliki anggaran yang menjadi penggerak utama pembangunan Kota Batam. Saat ini pertumbuhan ekonomi Batam diatas pertumbuhan provinsi dan nasional,” papar Kamaludin.

Pertemuan itu juga membahas bagaimana pembangunan infrastruktur Kota Batam meliputi jalan, bandara dan kawasan-kawasan pertumbuhan ekonomi baru terus dikembangkan. Juga dibahas bagaimana upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) sebagai sumber utama keuangan daerah.(Arian)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *