Usai Tanam Pohon, Danlanud RSA Bersama Bupati Serahkan Sembako Kepada PPAU

(Danlanud RSA, bersama Bupati Natuna melakukan penanaman pohon dalam rangkaian hari Bakti TNI AU ke-75,)

 

Natuna, metroindonesia.co.id – Rangkaian puncak hari Bakti TNI AU ke-75, digelar Lanud RSA pada hari Minggu tanggal 24 Juli 2022, berupa pengecekan kesehatan gratis dan Donor Darah bagi masyarakat Natuna bertempat di Pantai Piwang Ranai Kabupaten Natuna.

Adapun puncak acara Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-75 tanggal 29 Juli tahun 2022 mendatang, Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Raden Sadjad(RSA) Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., didampingi Bupati Natuna Wan Siswandi S.Sos., M.Si, melaksanakan Penanaman Pohon dan menyerahkan sembako kepada Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) Cabang 23 Ranai Kabupaten Natuna bertempat di Kota Tua Desa Penagi, Jumat(22/7/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua I DPRD Natuna Daeng Ganda Rahmatullah, SH., Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I., Kapolres Natuna, AKBP Iwan Ariyandhy., SIK., M. H., Dandim 0318 Natuna Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis(Wakili Kasdim), Kajari Natuna Bapak Imam MS Sidabutar, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri/Perikanan Ranai Bapak Jonson Parancis, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Agama Natuna Padmilah, S.H.I., M.H., Dandenhanud 477 Kopasgat Letkol Pas Frian Alfa Risdar, S.M., M.I.Pol., Dansatrad 212 Letkol Lek Damardita Hiranda, Danyon Komposit 1/Gardapati, Mayor Inf Saiful Rizal, Kepala KPP Natuna Mexianus Bekabel, S.Sos, MM, Ketua PIA AG Cab. 17/D.I Lanud RSA, Ketua PIA Satrad 212, Ketua PIA Denhanud 477 Pasgat beserta Pengurus, Para Kadis Lanud RSA, Dansat, Pejabat, Perwira di lingkungan Lanud RSA dan Ketua PPAU Cab. 23 Ranai serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Danlanud RSA Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., mengatakan penanaman pohon untuk mendukung pemerintah di bidang kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Danlanud RSA juga menyampaikannya tema peringatan kali ini yaitu, ” Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara Yang Disegani Di Kawasan”

Lebih lanjut disampaikannya bahwa di jajaran TNI AU turut pula mewujudkan program nasional one man one tree atau (gerakan penanaman pohon satu orang satu pohon) yang dikaitkan dengan kepedulian terhadap lingkungan hidup dengan melaksanakan penanaman pohon di wilayah sekitar Lanud hingga perkantoran serta komplek perumahan warga Lanud Raden Sadjad.

“Pohon yang kita tanam ini adalah nyamplung/punaga atau latinnya Calophyllum inophyllum dengan manfaat pohon ini, kayu nyamplung dapat digunakan untuk bahan pembuatan seperti perkakas rumah tangga, pembuatan kapal, perahu, sampan dan masih masih banyak lagi,” jelas Danlanud RSA.

Danlanud menambahkan pohon ini dipersembahkan khusus masyarakat Natuna dan diharap beberapa puluh tahun kedepan bisa dinikmati oleh anak-anak cucu untuk dimanfaatkan membuat Kapal maupun Sampan.

“Kami sengaja menanam pohon ini di pesisir pantai, selain fungsi dari mangrove, pohon Punaga ini juga bisa mencegah abrasi dari ombak laut,” ujarnya.

Danlanud RSA berharap kegiatan positif dalam memelihara lingkungan dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan, sehingga akan menambah luas lahan hijau yang berfungsi sebagai kawasan resapan air dan paru-paru kota Ranai.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Natuna mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini bahwa Lanud Raden Sadjad telah mendukung program nasional tentang penghijauan serta bergerak bersama-sama dengan tujuan yang sama untuk penghijauan di Natuna.

“Terima kasih kepada Bapak Danlanud Raden Sadjad atas kegiatan bakti sosial dan penanaman pohon ini semoga apa yang dilakukan mendapat ridho dari Allah SWT,” ucapnya.

Sebanyak 75 batang pohon Nyamplung atau Punaga ditanam di sepanjang bibir Pantai Kota Tua Penagi dan di Lanud Raden Sadjad serta sepanjang Jalan Adi Sucipto Lanud Raden Sadjad.. (Mam)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *