Suhardi Sebut Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal di Natuna

(Kepala DPMD Natuna Suhardi)

 

Natuna, metroindonesia.co.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Suhardi mengaku dari 70 desa di Kabupaten Natuna, tidak ada desa Tertinggal.

“Alhamdulilah, meski Kabupaten Natuna merupakan daerah paling ujung Utara Negara Kesatuan Republik Indonesia( NKRI), dan dipisahkan oleh lautan luas, namun tidak terdapat desa Tertinggal,” ujar mantan Kadispora Natuna itu.

Hal tersebut disampaikan Suhardi saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Senin, 10/06/2024, jalan Bukit Arai Ranai Natuna, Prov Kepri.

Dari 70 desa di Natuna, 3 diantaranya sudah masuk desa Mandiri, tahun ini ada 2 desa menyusul. Sisanya ada 35 desa Maju dan 32 desa berkembang.
Adapun 3 desa Mandiri adalah, Desa Sepempang, Desa Gunung Putri dan Desa Pulau Tiga.

Saat ini, lanjut Suhardi, pihaknya bersama Kejaksaan berusaha melakukan pembinaan dan sosialisasi terkait pelaporan dan pengelolaan keuangan desa, sehingga desa maju bisa menjadi desa Mandiri.

“Kita berusaha mendorong 35 desa maju melalui pelatihan dan sosialisasi tentang pengelolaan dan laporan keuangan desa, sehingga bisa menjadi desa Mandiri,”ujar Suhardi didampingi Lina, Kasubag Perencanaan dan keuangan. Sekarang ini semua sudah pakai aplikasi.

Dikatakannya, ada beberapa keuntungan dari desa Mandiri, salah satunya adanya penambahan anggaran dari pemerintah pusat. Kemudian pencairan anggaran dipermudah.(Bud)

Editor: Leh

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *