Staf Ahli Bupati Hadiri Rangkaian Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Asahan

(Staf Ahli Bupati saat menghadiri kirap Pemilu)

 

Asahan, metroIndonesia.co.id – Bupati Asahan diwakili Staf Ahli bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik M. Yusuf Lubis SH, MSi mengikuti rangkaian kegiatan Kirab Pemilu Tahun 2024 yang berlangsung di kantor KPU Kabupaten Asahan, Kamis (11/05/2023).

Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik M. Yusuf Lubis SH, MSi atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan selamat atas terlaksananya Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Asahan.

Dalam kesempatan itu Yusuf memaparkan kondisi Kabupaten Asahan saat ini terdiri dari 25 Kecamatan, 204 Desa dan Kelurahan, serta memiliki 2.449 TPS dan 568.266 orang pemilih.

Dikatakannya, pelaksanaan kirab Pemilu ini diharapkan dapat menjadi sarana integritas bangsa dalam penyuksesan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, serta memberikan edukasi politik dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu tahun 2024 mendatang.

“Untuk mensukseskan Pemilu Tahun 2024 mendatang sebagaimana sarana integrasi bangsa dibutuhkan peran dari semua pihak. Oleh karena itu dibutuhkan koordinasi dan kerja sama yang aktif dan efektif dari seluruh stokeholder pemilu khususnya yang ada di Kabupaten Asahan ini”, ujarnya.

Sebelumnya Ketua KPU Kabupaten Asahan Hidayat SP dalam sambutannya menyampaikan sesuai ketentuan Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum diamanatkan bahwa Pemilu diselenggarakan dengan partisipasi masyarakat. Salah satu bentuk partispasi masyarakat adalah melalui kegiatan sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih.

Agar pemilu tahun 2024 dapat tersosialisasikan secara masif, kata Dayat, dibutuhkan kolaborasi multi pihak dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat. Kolaborasi tersebut menegaskan bahwa suksesnya pemilu, partisipasi masyarakat yang tinggi dan hasil pemilu secara kualitas dan kuantitas bisa diterima seluruh pihak maka harus ada dukungan dan kerja sama seluruh pihak tanpa terkecuali dengan tetap mengedepankan norma dan regulasi yang ada.

Hidayat juga menjelaskan Kirab Pemilu Tahun 2024 dengan tema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa” ini merupakan salah satu kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam rangka memperingati setahun menuju hari pemungutan suara Pemilu Tahun 2024.

“Kami berharap dukungan yang sebesar – besarnya dari pemerintah daerah, Forkopimda, Ormas, OKP, serta insan pers dan masyarakat. Doa kita bersama mudah – mudahan pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar, sukses, aman dan damai”, pungkas Ketua KPU Kabupaten Asahan itu.

Sementara Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara Herdensi Adnin yang juga hadir dalam acara itu berharap melalui kirab ini seluruh masyarakat dapat mengetahui hari H pelaksanaan pemilu, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

“Kami juga mensosialisasikan berbagai hal terkait partai peserta Pemilu Tahun 2024 kepada masyarakat. Jadi masyarakat dapat mengenal partai yang akan ikut dalam pemilu pada tahun 2024 mendatang”, ujarnya.

Kegiatan terlihat dirangkai dengan deklarasi integritas pemilu oleh Ketua KPU Kabupaten Asahan dan dilanjutkan dengan penyerahan pataka oleh KPU Serdang Bedagai ke KPU Kabupaten Asahan.(jt)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *