Kejaksaan Tingkatkan Status Penyidikan DLH : DPC BIDIK Kota Metro Minta Pers Lakukan Pengawalan

(Kasi Intelijen Kajari Kota Metro, Rio)

 

Kota Metro, metroindonesia.co.id – Sekian lama menunggu, akhirnya Kejaksaan Negeri Kota Metro menaikan status perkara dugaan korupsi di Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro ke tingkat penyidikan, setelah adanya penyelidikan oleh Tim Jaksa dalam mencari dugaan tindak pidana Korupsi (Tipikor) T.A 2020.

” Saat ini telah ditingkatkan ke tahap Penyidikan berdasarkan Surat Perintah Kepala Kejaksaan Negeri Kota Metro terkait Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pada Peningkatan Operasi, Pemeliharaan Prasarana Dan Sarana Persampahan Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro T.A. 2020. Sudah dibentuk Tim Jaksa Penyidik guna menindaklanjuti Surat Perintah Penyidikan tersebut” ujar Rio Irawan PH, S.H.,M.H Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Metro, Jumat 18 Februari 2022.

Tim Jaksa Penyidik telah ditentukan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Metro, pada proses Penyidikan ini akan mengumpulkan alat bukti yang sah sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 184 KUHAP.

“Mengingat situasi pandemi yang sedang melanda, maka proses pengumpulan alat bukti dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan ketat, dengan menerapkan 6M ” jelas Rio.

Upaya Kejaksaan meningkatkan status penyelidikan ke penyidikan dalam perkara dugaan kasus tipikor di DLH mendapati dukungan dari beberapa elemen masyarakat dan ormas. Mengingat kasus ini sempat redup, namun akhirnya kembali mencuat.

Menanggapi adanya peningkatan status perkara atas dugaan tipikor di Dinas Lingkungan Hidup, DPC ORMAS BIDIK Kota Metro mengapresiasi langkah tegas Kajari Kota Metro.

Sebab DPC Ormas Bidik selalu gencar menyuarakan dan mendesak APH agar menentukan sikap terhadap kasus ini, sehingga masyarakat tidak berprasangka buruk.

” Kami DPC Ormas Bidik, akan terus memonitor proses hukum yang berlangsung di gedung Satya Adhi Wicaksana tersebut,” ujar Rio Ellen kepada metroindonesia, Jumat malam 18/02/2022.

” Kita dukung Kejaksaan Negeri Kota Metro dalam upaya penegakan hukum untuk memberantas korupsi di Bumi Sai Wawai ini. Harapan kita tidak ada tebang pilih jika nantinya memang terbukti, siapa yang terlibat sikat. Karena korupsi ini kejahatan luar biasa di negeri ini ” Tegas Rio Ellen Novebri selaku Ketua DPC ORMAS BIDIK Kota Metro.

Selain itu, Rio sapaan akrab,mengajak kepada sejumlah awak media di Kota Metro untuk turut mengikuti perkembangan proses hukum yang sedang dilakukan oleh Kejaksaan terhadap DLH. ” Rekan-rekan pers harus selalu mengikuti perkembangan hasil-hasil dari pemeriksaan yang dilakukan, jangan berhenti, terus beritakan sampai adanya penetapan tersangkanya nanti. Kita harapkan juga pihak kejaksaan agar sering memberikan informasi terbarunya kepada media, supaya transparan dan tidak menimbulkan pertanyaan besar ” Kata Rio. (Akbar)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *