Gubernur Ansar Melakukan Grand Launching Talenta Kepri dan Seminar Manajemen Talenta

(Gubernur Kepri saat memberikan sambutan)

 

Pentingnya Adaptasi Birokrasi di Era Revolusi Industri 4.0 & Society 5.0

KEPRI, METROINDONESIA.CO.ID – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melakukan Grand Launching Talenta Kepri dan Seminar Manajemen Talenta dengan tema ‘Manajemen Talenta Sebagai Pilar Sistem Merit Menuju Birokrasi Yang Profesional’ di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (26/6).

Acara ini diikuti oleh 500 ASN dari lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri. Tampak hadir sebagai narasumber Muhammad Yusuf Gunawan Idris Kepala Biro SDM dan Umum LAN Kepri, serta Irfan Asisten KASN 2 Pengawas Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 2. Keduanya berbagi wawasan tentang pentingnya manajemen talenta dalam mencapai akselerasi pembangunan daerah dan nasional.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menyampaikan pentingnya adaptasi birokrasi dalam era revolusi industri 4.0 dan society 5.0, yang ditandai dengan disrupsi teknologi dan perubahan cepat akibat pandemi Covid-19.

“Keadaan ini mendorong perlunya perubahan radikal dalam pengelolaan birokrasi, termasuk otomatisasi dan penggunaan teknologi,” kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menginformasikan bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 20 Tahun 2023 tentang Manajemen Talenta PNS berbasis digital, yaitu “Talenta Kepri”.

“Dengan diterapkannya manajemen talenta di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, diharapkan menjadi starting point menuju birokrasi yang profesional dan berkelas dunia,” harapnya.

Gubernur juga menyoroti Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara yang menekankan penguatan sistem merit dalam manajemen ASN.

“Tujuan diberlakukannya sistem merit adalah untuk menghasilkan ASN yang profesional dan berintegritas dengan menempatkan mereka pada jabatan-jabatan birokrasi pemerintah sesuai kompetensinya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Gubernur Ansar mengungkapkan salah satu pilar sistem merit yang ditekankan adalah penerapan manajemen talenta. “Manajemen talenta adalah suatu sistem dalam manajemen karier ASN yang terdiri dari akuisisi, pengembangan, retensi dan penempatan talenta berdasarkan tingkat potensi dan kinerja tertinggi,” jelas Ansar.

Terakhir Gubernur berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi ASN dan mempersiapkan mereka menjadi talenta terbaik yang siap mengisi jabatan-jabatan kritikal di Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Gubernur Ansar juga mengapresiasi panitia dan semua pihak yang telah berperan dalam penyelenggaraan acara ini.

“Semoga apa yang kita selenggarakan hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi Pemerintah Provinsi Kepri dan mendapat ridho dari Allah SWT,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala OJK Kepri Sinar Danandjaya, Kepala BKD dan Korpri Kepri Yeny Trisia Isabella, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watusuke, Pengadilan Tinggi Agama Kepri Suhadak, Pangkoarmada 1 yang diwakili Inspektorat Koarmada 1, Forkopimda Kepri lainnya, Instansi Vertikal Kepri, Tim Percepatan Pembangunan Kepri Suyono, Saraffudin Aluan dan Bismar Arianto, para Kepala OPD Kepri serta Pejabat Fungsional Utama dilingkungan Pemerintah Kepri. (Robi)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *