Disdik Natuna Ikuti Pendampingan Tata Kelola Manajemen Berbasis Sekolah

NATUNA- Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna, Muhammad Faisal mengatakan, Direktorat SMP Dirjen Paud Dikdas Dikmen Kemendikbud Ristek RI telah menggelar kegiatan Pendampingan Tata Kelola SMP berbasis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang dilaksanakan di Hotel Le Meridien Jakarta dan diikuti unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Kepala Satuan Pendidikan, Pengawas dan MKKS.

“Pada oktober yang lalu kita sudah mendapat pendampingan tata kelola MBS. Tujuan pendampingan ini, agar para peserta memahami konsep kebijakan pemerintah pusat, sekaligus langkah-langkah implementasi terkait MBS baik tingkat Dinas Kab/Kota, di tingkat pengawas dan di tingkat satuan pendidikan,” kata Faisal saat dikonfirmasi, Jumat 19 November 2021.

Faisal menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan amanah dari UU sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003 pada pasal 51 ayat 1 yang menyebutkan pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah dilaksanakan sesuai standar pelayanan minimal dengan prinsip MBS.

Selain itu, satuan pendidikan diberikan otonomi dalam penyelenggaraan sekolah, untuk melakukan kegiatan dengan masyarakat, orang tua, siswa dan guru. “MBS itu terdiri dari lima prinsip yakni, kemandirian, kemitraan atau kerjasama, akuntabilitas, dan keterbukaan. Konsep MBS ini harus dipahami karena MBS ini merupakan bentuk otonomi manajemen pendidikan pada satuan pendidikan, dalam hal ini kepala sekolah dan guru dibantu oleh komite sekolah dalam mengelola kegiatan pendidikan,” katanya.

MBS ini, Faisal mengatakan pelaksanaan pembelajaran kearah yang dinamis dan bermutu sehingga dibutuhkan proses dalam membangunnya. Dalam proses ini lah, harus diberikan keleluasaan, kewenangan kepada para guru dan satuan pendidikan. (manalu)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *