Direktorat SD Kemendikbudristek Monitoring ANBK SD Natuna

Natuna – Tenaga Pengembang Teknologi Pembelajaran Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek RI melakukan monitoring pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SD di Natuna pada waktu lalu. Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna, Muhammad Faisal saat dikonfirmasi, Rabu 17 Nopember 2021. “Monitoring ini dilakukan oleh Ibu Nur Fitriana dari Direktorat Sekolah Dasar. Ada 7 sekolah dasar yang dimonitoring,” kata Faisal.

7 sekolah yang dilakukan monitoring yakni, Sekolah SD Negeri 1 Kecamatan Bunguran Timur Laut, SD Negeri 007 Kecamatan Bunguran Timur, SD Negeri 012 Kecamatan Bunguran Timur, SD Negeri 002 Kecamatan Bunguran Timur, SMA negeri 1 Kecamatan Pulau Tiga, SD Negeri 003 Setumuk Kecamatan Pulau Tiga Barat dan SD Negeri 009 MekarJaya Kecamatan Bunguran Barat.

Faisal melanjutkan, sebelum monitoring dilakukan, pihak Dinas Pendidikan Natuna melakukan koordinasi dengan mengirimkan surat berupa nama-nama sekolah yang akan dimonitoring kepada Diskominfo Natuna, selanjutnya diteruskan kepada Bakti Kominfo agar dijaga internetnya. “ANBK merupakan program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan, untuk hal ini khusus siswa yang duduk di kelas V,” jelas Faisal.

Faisal menerangkan, ANBK dilakukan secara mandiri. Maksudnya, siswa sendiri mengerjakan soal-soal yang ada dimana pihak sekolah punya komputer dan internetnya bagus, kalau sekolah tidak punya komputer maka menumpang ke tempat lain. “Di Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat ada 7 sekolah yang menumpang ke SMA, tidak mempunyai perangkat Tekhnologi Informasi Komputer (TIK) makanya menumpang,” ucap Faisal.

Tahun ini, Faisal mengatakan merupakan tahun pertama ANBK untuk SD di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh sekolah dasar di Natuna. Sekalipun ada sekolah udah dapat bantuan TIK, belum tentu siap karena bantuan baru masuk tahun ini selain itu pengaruh internet dan listrik juga harus diperhatikan. “Walaupun begitu, Alhamdulillah pelaksanaan ANBK SD berjalan lancar. Kemarin itu, Ibu Nur Fitriana ke pulau, jadi beliau melihat langsung kondisi sebenarnya sekolah di pulau-pulau,” pungkasnya. (jagokma)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *