Dewan Pengupahan Usulkan Kenaikan Upah Minimum Kerja (UMK) Tahun 2024

(Kadisnaker Natuna )

 

Natuna, metroindonesia.co.id – Pada rapat Dewan Pengupahan di Kabupaten Natuna, diusulkan kenaikan Upah Minimum Kerja (UMK) tahun 2024 menjadi Rp 3.406.575,00, meningkat sekitar Rp 68.972,00 dari tahun sebelumnya. Keputusan ini telah disetujui pada Jumat pagi (24/11) di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Natuna.

Kepala Dinas, Hussyaini, menyatakan bahwa rekomendasi ini, sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 2023, diajukan dengan kenaikan sekitar 2,07 persen. Dewan Pengupahan, yang terdiri dari Serikat Buruh, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), UMK, dan Akademisi OPD, menyepakati usulan ini untuk kemudian diajukan kepada Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Riau guna persetujuan dan penetapan.

Hussyaini menegaskan bahwa proses pembahasan UMK berjalan lancar tanpa kendala, dengan penyesuaian terhadap perkembangan ekonomi kabupaten. Meskipun ini hanya usulan, penetapannya akan dilakukan oleh Pihak Provinsi.

Dalam konteks pemantauan terhadap perusahaan di Natuna, Hussyaini menyebut bahwa beberapa perusahaan besar, termasuk perusahaan tambang IKJ, telah mengikuti UMK. Namun, untuk UMKM dan usaha kecil, keterlibatan masih tergantung pada kesepakatan kerja dan kondisi pendapatan masing-masing.(mam)

Editor: Soleh

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *