Bupati Natuna : Aplikasi SP4N LAPOR Permudah Pemerintah Atas Pengaduan Masyarakat

(Bupati Natuna saat membuka aplikasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR.)

 

Natuna, metroindonesia.co.id –
Aplikasi SP4N LAPOR dibuat Pemkab Natuna, permudah  masyarakat melakukan pengaduan tentang kinerja pemerintah.

Dengan aplikasi ini, Pemerintah Kabupaten Natuna dapat merespon cepat setiap pengaduan masyarakat terkait pelayanan melalui aplikasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR.

(Penandatanganan komitmen bersama)

Demikian disampaikan Bupati Natuna Wan Siswandi, saat membuka acara Loka Karya dengan tema Pembentukan Fokal Foint (Narahubung) Ombudsman RI Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dan Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik di Kabupaten Natuna.

Kegiatan ditaja Ombudsman Republik Indonesia Kantor Perwakilan Kepulauan Riau, ini dilaksanakan di ruang rapat kantor Bupati Natuna, jalan Bukit Arai Ranai Natuna, Selasa,06 Desember 2022.

Wan Siswandi mengatakan, sedikitnya 15 data pengaduan di pemerintah daerah kabupaten Natuna melalui aplikasi SP4N LAPOR kita terima.

Aduan itu ditujukan ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pendidikan, Diskominfo, Dinas Perhubungan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Dinas Perkim, Dinas Kesehatan, Dinas
Sosial, Disdukcapil, dan PLN.

“Secara umum ada 15 Laporan kita terima, diantaranya , Dinas PUPR 4 aduan terkait jalan, sungai dan jembatan, Dinas Pendidikan aduan terkait guru, Diskominfo aduan terkait website dan jaringan, Dinas Perhubungan mengenai lampu jalan, Dinas Perpustakaan terkait data, Perkim terkait pembebasan lahan, Dinas Kesehatan aduan terkait tenaga kesehatan, Dinas Sosial aduan terkait BLT, Disdukcapil terkait administrasi kependudukan dan satu aduan lagi untuk PLN Natuna terkait jaringan Listrik” jelas Bupati Natuna.

Sebanyak 14 aduan sudah ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah, sedangkan 1 aduan lagi dalam proses penyelesaian.

Bupati menegaskan kepada seluruh OPD dan penyelenggara pelayanan publik lainnya agar memberikan pelayanan secara maksimal bagi masyarakat Natuna.

Ia berharap adanya bimbingan dari Kepala Ombudsman RI Kantor Perwakilan Kepulauan Riau untuk pelayanan di Natuna agar lebih baik.

“Sekarang zaman keterbukaan, untuk mempermudah laporan tentang pelayanan publik sudah ada aplikasi khusus untuk menyampaikan pengaduan. Tentunya kami sangat berharap arahan bimbingan dari Pak Kepala Ombudsman kantor perwakilan Kepri dalam konteks untuk pelayanan di pemerintahan kabupaten natuna agar lebih baik,” ucap mantan Sekda Natuna itu.

Sementara itu, Kepala perwakilan ombudsman Kepulauan Riau, Lagat Parroha Patar Siadari menyampaikan materi dengan judul Revitalisasi Pelayanan Publik dan Urgensi Pengelolaan Pengaduan.

Pada kesempatan tersebut, pria berdarah Batak ini, juga mengajak Bupati Natuna untuk memperkenalkan atau mensosialisasikan kepada masyarakat tentang layanan pengaduan SP4N LAPOR.

“Saya minta pak Bupati tolong ajak masyarakat kampanyekan kanal pengaduan SP4N Lapor. Tidak ada laporan belum tentu baik, ada laporan bukan tentu buruk” tutur nya.

Sedangkan Kepala Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Kepri, Cindy M Pardede, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk membentuk Narahubung antara Ombudsman dengan instansi penyelenggara pelayanan publik.

“Kita harapkan hari ini dapat membentuk narahubung penyelenggara pelayanan publik. Peran narahubung akan kita bentuk dalam rangka wadah koordinasi dan konsultasi terkait kualitas layanan publik. Kita Akan rutin melakukan monef terhadap focal point ini kedepan” ujar Cindy.

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan komitmen bersama penyelenggaraan pengelolaan publik oleh Inspektur Inspektorat Kabupaten Natuna, Muhammad Amin.

Selanjutnya dilaksanakan penandatangan komitmen bersama antar perwakilan instansi yang disaksikan Lagat Pattar Siadari dan Bupati Natuna.

Turut menadatangani komitmen bersama diantaranya, Pengadilan Agama Natuna, Pengadilan Negeri Natuna, Kejaksaan Negeri Natuna, Polres Natuna, Bea Cukai , Kementerian Agama, KPU Natuna, BPJS Ketenagakerjaan Natuna, BPJs Kesehatan, Kepala Samsat Natuna, Syahbandar, BPS, Imigrasi, Bawaslu, PLN, Basarnas, BMKG Ranai, PT Pelni, BRK Syariah.(mam)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *