Bupati Bersama Wakil Bupati Asahan Tinjau Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban

(Pemkab Asahan, Saat meninjau penyembelihan daging qurban, dilaksanakan OPD. Foto : Jt)

 

Kisaran, MetroIndonesia.co.id – Sebagai umat Islam, kita harus menauladani sifat Nabi Ibrahim AS yang memiliki ketaqwaan luar biasa dalam menjalankan perintah Allah Swt, dengan rela menyembelih anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail AS. Tapi karena keikhlasannya Allah SWT menyelamatkan Nabi Ismail dan menggantikannya dengan seekor hewan sembelihan.

Hal itu disampaikan Bupati Asahan H. Surya BSc dalam sambutannya ketika melakukan peninjauan penyembelihan hewan qurban, di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Selasa (20/07/2021).

Untuk itu, kata Bupati, sebagai umat Islam kita harus meniru dan menuladani sifat mulia dan ketaqwaan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS tersebut dengan melaksanakan rangkaian ibadah Idul Adha dan melakukan penyembelihan hewan qurban dengan tetap mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi Covid – 19 saat ini.

Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir mulai tahun 2020 sampai dengan 2021, perayaan Idul Adha di Asahan dan seluruh tanah air berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Karena Indonesia dan negara lain di seluruh penjuru dunia, tengah menghadapi pandemi covid -19.

Oleh karena itu, berbagai kegiatan baik Pemerintahan, keagamaan maupun kemasyarakatan, termasuk pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan dengan mematuhi Protokol kesehatan Covid – 19 dan mempedomani Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 15 dan 16 tentang Protokol Kesehatan dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kegiatan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

Untuk marilah kita ambil hikmah perayaan Idul Adha ini menjadi momentum untuk saling berbagi kepada sesama. Khusunya bagi Ummat Islam yang memiliki kemampuan untuk menyembelih hewan qurban yang biasanya kita lakukan setelah melaksanakan Sholat Idul Adha, ujar Bupati H. Surya BSc.

Terpisah Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin bersama beberapa OPD lainnya juga meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Dinas Perhubungan, Kantor Camat Kota Kisaran Barat, Inspektorat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Satpol – PP, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, BPBD, PDAM, Sekretariat DPRD, dan Dinas Pendidikan.

Senada dengan Bupati, Wabup Taufik juga berpesan agar masyarakat dapat mengambil hikmah dari pelaksanaan ibadah qurban. Saya berharap kita dapat mengambil hikmah terbesar dari pelaksanaan ibadah qurban ini sebagai bentuk keikhlasan untuk berbagi kepada sesama, ujarnya yang kemudian menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh masyarakat Asahan.

Sekedar informasi, dalam perayaan Idul Adha tahun ini Pemkab Asahan melakukan penyembelihan hewan qurban sebanya 118 ekor yang terdiri dari 95 ekor sapi dan 23 ekor kambing. Sesuai dengan protokol kesehatan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban tahun ini dilakukan di lingkungan kantor OPD masing – masing. (jt)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *