Buka Jambore Kader Posyandu, Wabup Sampaikan Target Prevalensi Stunting Asahan Tahun 2024 Sebesar 9,2 Persen

Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin secara resmi membuka Jambore Kader Posyandu tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024 di lapangan Golf PT BSP Bunut Kisaran, Jumat (7/6/2024) malam. Foto (JT)

Asahan, MetroIndonesia.co.id – Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin secara resmi membuka Jambore Kader Posyandu tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024 di lapangan Golf PT BSP Bunut Kisaran, Jumat (7/6/2024) malam.

Dalam kesempatan itu Wabup Taufik Zainal Abidin mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja dan pengetahuan kader posyandu diperlukan pembinaan keterampilan dan kwalitas dalam bentuk jambore kader Posyandu.

Kemudian Taufik menyampaikan bahwa pada hari Senin tanggal 03 Juni 2024 kemarin Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah melaksanakan gerakan intervensi serentak untuk pencegahan stunting.

Adapun sasaran pengukuran dan intervensi serentak ini adalah semua calon pengantin, ibu hamil, dan balita yang diharapkan datang ke Posyandu untuk dilakukan pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, validasi, dan intervensi. Untuk itu, kesiapan sarana dan prasarana seperti antropometri yang terstandar, kader yang kompeten, dan tenaga kesehatannya juga harus dipersiapkan dengan baik.

“Kita patut berbahagia, karena berdasarkan data yang dikeluarkan hasil riset Status Gizi Balita Indonesia (SSGI), menunjukkan bahwa prevalensi stunting Kabupaten Asahan pada tahun 2023 sebesar 11 persen. Jika dibandingkan dengan data tahun 2022 yaitu sebesar 15,3 persen, berarti angka kejadian kasus stunting di Kabupaten Asahan terjadi penurunan yang cukup signifikan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Wabup, Pemerintah Kabupaten Asahan berharap semua pihak dapat melakukan upaya yang luar biasa untuk mempertahankan bahkan menurunkan angka prevalensi tersebut dalam rangka mencapai target prevalensi stunting Kabupaten Asahan yang ditargetkan turun menjadi sebesar 9,2 persen di tahun 2024.

Taufik juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan jambore kader Posyandu tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Asahan akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kepada kader-kader posyandu demi mewujudkan masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter,” pungkas Taufik.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr Hari Sapna dalam laporannya menyampaikan jambore kader Posyandu yang ke – 11 ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 07 s/d 08 Juni 2024 dan diikuti sebanyak 1.643 orang terdiri dari ASN Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan 100 orang, Camat beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Asahan 50 orang / kecamatan, kepala Puskesmas beserta staf Puskesmas se Asahan 120 orang, serta ratusan orang kader Posyandu se Kabupaten Asahan.

Dalam kegiatan itu tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution Msi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Buwono Prawana SIP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Oktoni Eryanto MMA, Asisten Administrasi Umum Drs. Muhilli Lubis, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan M. Yusuf Lubis SH, Msi, sejumlah kepala OPD, Camat, General Manager Regional Sumut I PT BSP Ahmad Nelson Samosir dan jajarannya, pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan, pengurus DWP Kabupaten Asahan, serta kader Posyandu se Kabupaten Asahan.(jt)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *