Buat Belajar Menyenangkan, Guru Ikuti Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran

(Sekretaris Dinas Pendidikan KBupaten Natuna, Muhammad Faisal)

Natuna-  Di sela-sela kesibukannya sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna, Muhammad Faisal mengatakan, di era sekarang, proses pembelajaran yang menyenangkan bisa dibangun dengan menghadirkan media pembelajaran dalam bentuk video. Belajar melalui video akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, juga memudahkan peserta didik memahami konteks mata pelajaran.

“LPMP Propinsi Kepulauan Riau mengadakan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran bagi guru di Kabupaten Natuna pada bulan lalu dengan pemateri dari LPMP dan para pemateri yang kompeten dibidangnya,” kata Faisal saat dikonfirmasi, Kamis 18 Nopember 2021.

Untuk pesertanya, Faisal mengatakan merupakan guru-guru di Kabupaten Natuna yang sudah memiliki akun Belajar.id. Pada pelatihan ini, guru diajarin bagaimana membuat video pembelajaran, jadi guru mengajar dengan cara menyenangkan misalnya mengajar kimia, kemudian di videokan, setelah selesai di share ke portal Rumah Belajar yang tercatat di kementerian. Siswa dapat melihat video ini di portal tersebut, tidak monoton dan menarik. “Jadi seperti melihat youtube,” kata Faisal.

Saat ini, Faisal mengatakan, pendidikan mengikuti zaman tekhnologi sehingga guru dituntut dan dilatih untuk membuat video sehingga dapat terwujud kelas yang menyenangkan melalui video pembelajaran. “Setelah mengikuti pelatihan kemarin, guru diwajibkan membuat video pembelajaran. Ada beberapa aspek yang harus dipahami oleh guru dalam menyajikan video sebagai media pembelajaran yaitu, penyajian materi yang benar, teknik penyampaian yang tepat, produksi video dengan kualitas yang optimal, dan keterampilan pembuatan video sesuai perkembangan terkini,” papar Faisal.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat video pembelajaran, Faisal mengatakan yakni menarik perhatian, menyebutkan tujuan pembelajaran, menstimulasi dan menyediakan bimbingan pembelajaran. “Manfaat dari video pembelajaran ini dapat dirasakan pada saat Belajar Dari Rumah, pelajaran jarak jauh menjadi efektif. Mudah dibuat hanya dengan handphone dan dapat disimpan sebagai arsip dalam bentuk video,” imbuhnya. (manalu)

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *