Boy Wijanarko : Melalui Inovasi TTG, Mampu Mendukung Produksi Lebih Mudah, Efisien dan Cepat

(foto bersama Sekda Natuna dengan sejumlah peserta)

 

Natuna, metroindonesia.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Natuna menggelar lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Natuna tahun 2023.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Boy Wijanarko, Senin, 20 Maret 2023, di gedung Darma Wanita Persatuan jalan Bukit Arai Ranai Natuna.

(Sekda Natuna saat memakaikan tanda pengenal peserta)

Sekretaris Dinas PMD Natuna, Sapki, dalam sambutannya mengatakan, giat ini digelar untuk meningkatkan SDM masyarakatย  sebagai pengguna TGG, melalui industri .

“Kegiatan ini tujuannya mendorong peningkatan kemandirian dan daya saing masyarakat melalui peningkatan mutu produk, proses efesiensi dan produktifitas dengan sentuhan TTG serta membangkitkan kemampuan inovasi dan implementasi IPTEK,” ucap Sapki.

(sejumlah kepala OPD)

Adapun seluruh peserta berasal dari masing-masing Kecamatan dan perwakilan sekolah di Kabupaten Natuna. Mereka merupakan peserta terpilih .

Apresiasi juga diberikan oleh Sekda Natuna kepada seluruh peserta yang ikut andil berpartisipasi dalam kegiatan lomba TTG.

Hal ini menggambarkan wujud inovasi dan kreativitas masyarakat yang berkeinginan meningkatkan mutu hasil produksinya.

Menurutnya, dengan penemuan dan rancangan inovasi dapat menghidupkan ekonomi masyarakat. “Kita harap aktivitas ekonomi masyarakat dapat lebih mudah,” ucapnya.

Boy juga mengungkapkan, bahwa Kabupaten Natuna diberikan limpahan potensi alam, jika dikelola secara benar, mampu mendukung terciptanya peningkatan ekonomi keluarga dan kesejahteraan masyarakat.

Kita sadari sejauh ini beberapa sektor, pengelolaan sumber daya tersebut dikelola masyarakat secara tradisional dengan keterbatasan sarana pendukung produksi sangat minim.

Melalui inovasi ini, diharapkan muncul sebuah teknologi yang mampu mendukung upaya pelaksanaan produksi lebih mudah, efisien, cepat dan hasilnya dapat leniht maksimal.

Ditempat berbeda, Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Desa, Murni mengharapkan, hasil inovasi para peserta mampu bersaing di tingkat Provinsi Kepulauan Riau sehingga dapat melaju ke tingkat Nasional.

“Kita menginginkan inovasi TTG yang dihasilkan bisa menjuarai ke tingkat Nasional,” tuturnya.

Murni menyampaikan, dalam lomba inovasi TTG tahun ini diikuti 12 peserta. Diantaranya, Kecamatan Bunguran Timur 6 inovasi, Serasan 1 inovasi, Pulau Tiga 2 inovasi, Bunguran Timur Laut 2 inovasi, dan Bunguran Tengah 1 inovasi.(mam)

Editor: Soleh

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *