Wakili 17 Kecamatan, Bunguran Batubi Jaya Ikut Lomba PHBS Tingkat Provinsi kepri

(Foto bersama usai melakukan peninjauan)

 

Natuna, metroindonesia.co.id – Kecamatan Bunguran Batubi, dipercaya mampu mewakili kabupaten Natuna, untuk mengikuti lomba PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) tingkat provinsi Kepulauan Riau, pada (3 hingga 4/3) mendatang.

Dalam persiapannya, TP-PKK (Tim Penggerak – Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Natuna bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, meninjau kesiapan peserta di Kecamatan Bunguran Batubi, Jumat (24/2).

Berdasar penilaian TP PKK Kabupaten dan Dinas Kesehatan setempat, daerah ini dipercaya mewakili Kabupaten Natuna, dengan aspek tingginya kesadaran masyarakat, menanamkan kebiasaan hidup bersih dan sehat dalam keseharian.

Dari beberapa daerah yang ada di Pulau Bunguran Besar, Kecamatan Bunguran Batubi Jaya ini mengantongi 63 persen dari 10 indkator penilaian PHBS seperti, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI Eksklusif, menimbang bayi dan balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan mengalir dengan sabun.

Selain itu, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, makan sayur dan buah, melakukan aktivitas fisik, serta tidak merokok didalam rumah.

Ketua IV TP PKK Kabupaten Natuna dr Monika menyebutkan, sebagai bagian dari program kerja PKK, setiap tahunnya PHBS selalu digiatkan demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan budaya hidup sehat, sedikitnya, ada tiga tahap penilaian dalam lomba PHBS ini, tahap Pengumpulan Laporan, tahap klarifikasi hasil penilaian laporan PHBS, serta yang terakhir adalah tahap Visitasi dan Observasi Kunjungan Lapangan di tingkat desa terbaik.

Menyusul dilakukan peninjauan lokasi, tim penilai juga melakukan pengecekan dan penyesuaian berkas administrasi dilanjutkan dengan interview kepada 22 peserta nantinya. Sebabnya, dr Monika meminta agar peserta terus melakukan kordinasi dan komunikasi intens agar sinergi mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa hingga tingkat RT dan RW.

“PHBS ini pada dasarnya untuk menggiring masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan budaya hidup sehat setiap hari. Kami dari PKK mendorong keluarga lewat upaya promotif dan preventif.”

Penyuluh Kesehatan Masyarakat Ahli Muda Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Erni Yusnita menambahkan, dirinya berharap, agar momen lomba PHBS tahun ini, dapat mengimplementasikan perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai salah satu tatanan PHBS yang utama adalah, PHBS rumah tangga yang bertujuan memberdayakan anggota sebuah rumah tangga untuk tahu, mau dan mampu menjalankan perilaku kehidupan yang bersih.

Dalam kesempatannya, Camat Bunguran Batubi, Tri Didik Sisworo mengucapkan terimakasih atas dipilihnya Kecamatan Batubi sebagai kecamatan yang mewakili Kabupaten Natuna. Sebabnya, Ia meminta dukungan dan arahan dari Tim Kabupaten Natuna, dengan harapan persiapannya lebih maksimal serta, ia juga menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kecamatan Bunguran Batubi.(mam)

Redaktur: Soleh

Recommended For You

Avatar

About the Author: metro indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *